Rabu, 03 Agustus 2011

Serai



  Serai adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang umumnya dikenal sebagai tumbuhan biasa yang akar dan batangnya sering dipakai sebagai rempah penyedap masakan. Didalam tumbuhan ini terdapat minyak asiri yang biasa dipakai dalam industri kosmetik untuk pembuatan parfum dan sabun serta juga bisa sebagai pengusir nyamuk. Minyak asiri diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Serai adalah genus yang berisi sekitar 55 spesies rumput. 

Nama latin                  : Cymbopogon ciatrus atau Lemon Grass.
Nama daerah             : Sereh; Serai.
Ciri-ciri tumbuhan ini  : batang tidak berkayu, putih kotor, daun tunggal, berpelepah, pangkal pelepah memeluk batang, warna hijau. Perbungaan bentuk malai, karangan bunga berseludang, warna bunga kuning keputihan. Buah bulat panjang, pipih, warna putih kekuningan. (Tumbuhan ini biasanya tumbuh liar di tepi sungai atau tempat yang cukup air, cukup sinar matahari pada dataran rendah 900 m dpl. Tumbuhan ini bisa tumbuh subur di cuaca hangat dan mencapai ketinggian sekitar 2 sampai 4 meter.)


Tahukah kalian jika ada begitu banyak hal yang bermanfaat pada tanaman ini. Nah berikut ini beberapa khasiat serai yang belum banyak diketahui maupun yang sudah diketahui dan terbukti manfaatnya.

  • Obat penurun panas
  • Serai telah digunakan selama berabad-abad sebagai sistem stimulan kekebalan tubuh dan efektif untuk mencegah gangguan serius dan penyakit.
  • Teh yang mengandung serai dapat membantu dalam mencegah berbagai masalah dengan pencernaan termasuk gastroenteritis, gangguan pencernaan, kehilangan nafsu makan, perut kembung, kolik, sakit perut, masuk angin, kram usus, diare dan sebagainya. Serai juga membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.
  • Serai efektif dalam mengurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi.
  • Salah satu manfaat kesehatan yang paling penting dari serai adalah menurunkan tingkat kolesterol LDL dalam darah.
  • Para penelitian telah menunjukkan bahwa serai memiliki kekuatan anti-kanker yang besar dan dapat melindungi kita terhadap beberapa jenis kanker termasuk kanker usus besar. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti dari University Gurion di Israel menemukan senyawa dalam tubuh serai yang bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.
  • Manfaat sereh sebagai antibakteri dan antijamur.
  • salah satu yang terbesar dari serai adalah tumbuhan ini dapat digunakan untuk mengurangi demam.
  • Selain itu, pengobatan dengan serai bisa efektif untuk mengobati batuk, pilek, bronkitis dan penyakit lainnya.
  • Menggunakan infus serai dan minyak serai (minyak asiri) dianjurkan untuk mengurangi keparahan nyeri rematik dan rematik.
  • Manfaat kesehatan serai anatara lain untuk meningkatkan fungsi ginjal dan kandung kemih, serta merangsang detoksifikasi dan mempercepat penghapusan racun dari tubuh.
  • Obat ramuan ini dapat digunakan untuk meringankan gejala tekanan seperti kegelisahan, kecemasan kegelisahan, dan sebagainya.
  • Manfaat kesehatan dari serai termasuk menghilangkan insomnia dan gangguan tidur.
  • Ramuan obat ini dianjurkan untuk wanita yang mengalami PMS parah atau ketidakteraturan menstruasi lainnya. Konsumsi teh yang diberi serai mungkin akan membantu mengurangi nyeri haid dan rasa mual.
  • Serai dapat digunakan untuk mengencangkan otot dan jaringan.
  • Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaat sereh memiliki efek positif pada kulit yaitu mencegah radang kulit, membantu untuk menyingkirkan jerawat- jerawat, penyegar, menghilangkan kondisi bagi mereka yang menderita eksim, dermatitis dan sebagainya. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan.
  • Serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah disingkirkan.
  • Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.
  • Serai meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan sakit dan nyeri. Jadi jika Anda mengalami sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri, teh lemon pasti bisa membantu.




1 komentar:

  1. BANTU PROSES KARTU KREDIT BANK BNI SYARIAH
    BNI Syariah Hasanah Card Classic credit card
    BNI Syariah Hasanah Card Classic
    Mencari kartu kredit yang menggunakan prinsip syariah? BNI Syariah Hasanah Card Classic jawabannya yang menggunakan Akad Kafalah, Qardh, dan Ijarah.
    INFO pin 582F4A2E TLP/SMS/WA DI 085600125176/FB CHAIRUL ICHSAN BUANA atau di duniabuana@rocketmail.com. alamat email di rooly88@gmail.com, melayani nasabah di seluruh nusantara
    BP CHAIRUL SARTO UTOMO untuk
    KANTOR BASECAMP DIVISI MARKETING DI
    JL PANDA BARAT V NO 7
    Berikut Alamat dan Nomor Telepon Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang.
    Alamat: Jl Ahmad Yani No. 152, Semarang 50242.
    Nomor Telepon: (024) 831 3247 831 5027
    Nomor Faks: (024) 831 3217
    karyawan lampirkan syarat fc ktp slip gaji min 3 juta npwp wajib, wiraswasta lampirkan fc ktp,npwp,siup dan tdp untuk wiraswasta wajib ada no fixline ( telp kabel ) di tempat usahanya
    proses berkas dikirim via emai/wa/line/bbm dan 100% aman bisa hub no bni syariah ahmad yani untuk menanyakan nama saya ,atau
    BNI Syariah Call Center 500046 atau 68888 melalui ponsel.
    proses kurang lebih 14 hari kerja, TERIMA KASIH

    BalasHapus