Rabu, 03 Agustus 2011

Anggur


Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae.Buah yang satu ini terkenal dengan rasanya yang enak dan warnanya yang menggoda. Buah yang bernama latin Vitis vinifera L ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah yang satu ini masih berkerabat dengan Areuy Kibarera, Tikel Balung, Anggur Cina.
Berikut ciri-ciri lain buah anggur : Tumbuhan tersebut berbentuk semak, berumur panjang (perenial), panjang +/- 8 m. Akar tunggang. Batang berkayu, silindris, menjalar, warna hijau kecoklatan, permukaan halus. Daun tunggal, tersusun berseling (alternate), warna hijau, bentuk bundar hingga jorong, panjang 10 - 16 cm, lebar 8 - 14 cm, helaian daun tipis tegar, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi bergigi runcing (dentatus), permukaan berbulu (villosus). Bunga majemuk, bentuk malai (panicula), muncul di ketiak daun (axillaris), kelopak berbentuk mangkuk (urceolatus) - berwarna hijau, daun mahkota berlekatan (gamopetalus). Buah buni (bacca), bulat atau lonjong, panjang 2 - 3 cm, warna hijau, ungu, atau hitam, bentuk biji lonjong - berwarna cokelat muda. Perbanyaan generatif (biji) atau vegetatif (stek)

Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Tapi tahukah kalian jika masih ada beberapa  manfaat lain dari buah yang satu ini. 
Meskipun buah anggur memiliki bentuk yang kecil tapi Anda jangan salah buah anggur dikenal sebagai buah yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Namun selain itu ternyata buah anggur juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit Anda. Anggur memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol dimana senyawa aktif tersebut dapat mencegah pembentukan sel kanker yang terkena sinar ultraviolet dari matahari. Penelitian lain mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus. Karena hal itu buah anggur dapat mengurangi risiko dari penyakit serangan jantung. Didalam buah ini juga terdapat banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat daripada vitamin C dan vitamin E. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) serta menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah. Tidak hanya itu saja kawan buah ini juga biasa dipakai dalam pembuatan kosmetik serta obat-obatan seperti vitamin. Vitamin yang terdapat dalam anggur sangat baik untuk kulit apalagi iklim di Indonesia yang sangat panas memaksa kita harus selalu menjaga kesehatan kulit kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar